Sering Lupa? Inilah Cara Mengatasinya

Sering Lupa? Inilah Cara Mengatasinya

- in Kesehatan
568
1

Lupa yang wajar memang sifat bawaan manusia. Tetapi bila sifat lupa ini menjadi kebiasaan sampai-sampai hal biasa pun terkadang anda lupa dan luput dari perhatian, maka bisa jadi sifat lupa ini sebuah penyakit yang harus segera diatasi.

Mengatasi penyakit lupa memang tidak mudah, namun setidaknya ada sejumlah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sifat lupa ini. Cara mengatasinya bisa melalui berbagai langkah dan metode yang perlu anda lakukan. Mulai dari menkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya ingat dan juga melalui cara alami seperti olahraga, menenangkan otak dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa penyakit lupa dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sejumlah faktor tersebut diantaranya, kurang tidur, kecelakaan di kepala, alkohol, dan pikun. Maka berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk mengatasi sifat lupa tersebut.

1. Konsumsi Omega-3
Omega 3 bisa terdapat pada salmon, sarden dan jenis ikan yang mengandung minyak lainnya. Omega 3 dipercaya dapat memperkuat daya ingat dan performa otak. Omega 3 juga efektif menurunkan peradangan arteri dan memperbaiki lapisan pelindung syaraf. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 tersebut tiga kali dalam seminggu. Dan juga bisa ditambah dengan minum suplemen minyak ikan secara rutin agar daya ingatan anda menjadi kuat dan baik.

2. Minum Teh Hijau
Daun teh yang dikonsumsi melalui olahan sehingga menjadi minuman dipercaya dapat meningkatkan daya ingat anda. Para peneliti menyebutkan bahwa di dalam daun teh terdapat zat EGCG (epigallocatecin gallate-3) sangat tinggi yang merupakan antioksidan. Zat tersebut bermanfaat untuk mengatasi penyakit karena bertambahnya usia dan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Anda dapat minum teh hijau setiap hari secara rutin untuk meningkatkan daya ingat anda.

3. Olahraga
Aktivitas fisik atau olahraga tidak hanya dapat menjaga kebugaran tubuh dan menyehatkan badan, olahraga juga dapat mempertahankan fungsi kognitif hingga 30%.

4. Membuat Diary
Catatan harian dibuat bertujuan untuk mengingatkan anda terhadap hal-hal yang kemungkinan besar hal tersebut akan terlupakan. Mencatat juga ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20%.

5. Membaca Buku
Membaca buku atau bahan bacaan lainnya terbukti dapat melatih otak dalam berpikir. Keaktifan otak yang disebabkan berpikir dapat memicu daya ingat otak anda untuk terus bekerja, sehingga setiap saat kemampuan otak anda akan semakin bertambah. Selain itu, membaca dapat menurunkan resiko penyakit lpa hingga 30-50%. Jadi, cintailah membaca disaat waktu-waktu senggang anda.

Itulah cara sederhana yang dapat anda coba untuk meningkatkan daya ingat memori otak anda. Semoga bermanfaat! (Mkn).

1 Comment

  1. Top markotop, kontennya beragam dan sangat bermanfaat…..
    Salam dari kelapa tiga 2 lenteng agung utk sobat2 di aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *