Salat Jumat Ditiadakan, Santri PPM Jogja Laksanakan Jumat Bersih

Salat Jumat Ditiadakan, Santri PPM Jogja Laksanakan Jumat Bersih

- in Nasional
109
0

YOGYAKARTA – Jumat bersih merupakan salah satu kegiatan rutin santri Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Arroyyaan Baitul Hamdi Yogyakarta di hari jumat. Dimana para santri membersikan area dalam dan luar masjid. Agar lingkungan masjid menjadi bersih sehingga jamaah salat bisa khusuk dalam beribadah.

Area dalam meliputi kebersihan dinding, mimbar, almari, dan lantai mulai lantai 1 sampai lantai 3. Adapun area luar meliputi kebersihan halaman, jendela, lorong-lorong, tempat wudhu baik putra maupun putri.

Namun, untuk sementara waktu kegiatan ibadah salat jumat tidak dilaksanakan di masjid. Sebagai upaya pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19). Meskipun demikian, jumat bersih yang dilakukan rutin oleh santri PPM Jogja masih tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Penyemprotan disinfektan di Masjid Jami’ Arroyyaan

Antusias dan semangat dalam melaksanakan amalsholih tersebut terlihat di wajah para santri. Selain itu, untuk menjaga kebersihan masjid kegiatan bersih-bersih dilakukan satu minggu sekali yaitu hari selasa dan hari jumat. Agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan rutin maka di bagi setiap unit di griya dan dikoordinir uleh ketua unit masing-masing.

Selain itu kegiatan jumat bersih ini juga memperlihatkan bentuk gotong royong, kerukunan dan kekompakan di PPM Jogja. Diharapkan dengan adanya kegiatan positif semacam ini dapat menjadi contoh dan bisa diterapkan dimasjid-masjid lain. Menjaga kebersihan lingkunga sangatlah penting dan perlu dilakukan oleh setiap diri seseorang.

Sebagaimana arahan dari Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), seluruh masjid dan Pondok Pesantren binaan LDII di Indonesia digerakkan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar warga LDII dalam upaya pencegahan penyebaran wabah virus Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. LDII mendukung penuh upaya pemerintah Indonesia dalam upaya penanganan masalah pendemi global ini.

PPM Arroyyaan Baitul Hamdi lakukan penyemprotan disinfektan

Santri PPM Jogja juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area griya dan masjid, Jumat (27/3/2020). Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kota Jogja.

Setiap unit di griya mahasiswa -sebutan gedung asrama PPM- santrinya ikut melakukan penyemprotan disenfektan. Dengan menggunakan ADP (Alat Perlindung Diri) seperti masker dan sarung tangan lateks, para santri antusias menyemprot disetiap bagian sudut bangunan.

Penyemprotan cairan disinfektan di gedung griya mahasiswa

Tak lupa, masjid tempat ibadah pun juga dilakukan penyemprotan. Mulai dari dinding-dinding masjid, pintu, dan area sekitar masjid juga ikut disemprot. Selain itu, takmir masjid dan pengurus masjid menyediakan sabun cuci tangan di setiap tempat wudhu.

Pengurus PPM Jogja juga menghimbau santri untuk terus menjaga kebersihan dan membatasi agar santri tidak keluar masuk dari lingkungan PPM tanpa ada kepentingan yang mendesak.

Di area PPM Jogja dan Masjid Jami’ Ar-Royyan hingga saat ini sudah dilakukan penyemprotan yang kedua kalinya. Upaya ini dilakukan agar kondisi lingkungan PPM Jogja dan Masjid Ar-Royyan bisa terhindar dari penularan virus corona atau Covid-19.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *