Pahala Karena Memuliakan Tamu

Pahala Karena Memuliakan Tamu

- in Nasehat Agama
322
0
media.viva.co.id

LdiiAceh.org – Kedudukan tamu dalam ajaran Islam sangatlah mulia. Orang yang bertamu termasuk orang yang mempraktekkan hadist Rasulullah saw terkait silaturrahim atau mengikat tali persaudaraan sesama muslim dan larangan memutus silaturrahim.

Oleh karena kedudukan tamu sangat mulia maka menurut ajaran Islam diperintahkan untuk memuliakan tamu. Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR Bukhari)

Selain itu memuliakan tamu merupakan salah satu bagian dari syariat Islam. Para ahli ilmu agak sedikit berbeda pendapat terkait hal ini, mereka memandang bahwa memuliakan tamu adalah sunah, sementara ahli hukum Islam lainnya berpendapat wajib.

Orang yang memuliakan tamu sama halnya berbuat kebaikan seperti yang diperintahkan oleh syariat Islam, mencontoh akhlak nabi dan mengamalkan tata krama orang-orang yang mulia. Demikian pendapat dari para ahli hadis lain.

Maka dari itu, ketika seseorang mengamalkan syariat memuliakan tamu ini maka akan memperoleh keutamaan dan hikmah yang besar. Pertama, jelas mendapat pahala, yakni berkah dan ampunan Allah SWT. Seperti yang disabdakan Rasulullah saw, “Tamu datang membawa rezeki dan pergi membuang dosa-dosa pemilik rumah, dan Allah menghapus dari dosanya dan dosa-dosa kalian.” (HR Abu Syaikh).

Kedua, akan semakin terasa dekat dan erat persahabatan antar sesama Muslim. Sebab tujuan dari memuliakan tamu adalah mempererat hubungan dan menumbuhkan saling menghargai di antara manusia.

Mari kita praktekan memuliakan tamu dengan memberi sambutan hangat kepada tamu yang datang kepada kita. Dengan bahasa yang baik dan ikhlas yang dibuktikan dengan raut muka yang ramah dan menyenangkan selama ia berada di tempat kita dan membicarakan hal-hal yang bermanfaat dengan dia, tidak ghibah. Selain itu, memberi pelayanan yang baik, menyuguhkan makan-minum serta suguhan lainnya. [Mkn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *