Mendidik Anak

Mendidik Anak

- in Pendidikan Islam
398
0
deviantart.com

LdiiAceh.org – Akhlah yang mulia merupakan hasil dari pendidikan Islami sesuai misi Nabi Muhammad Rasulullah saw. Orang tua harus tahu bahwa anak belajar di berbagai sekolah. Sekolah pertama adalah dalam keluarga. Keluarga adalah pengalaman pertama bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.

Pendidikan kedua di lembaga pendidikan formal. Sejak usia dini dididik oleh seorang guru untuk mengenali huruf angka dan lain sebagainya. Pendidikan ketiga di lingkungan sosial. Anak akan belajar berinteraksi, bergaul dengan orang lain. Sedangkan pendidikan keempat, di media dengan berbagai macam jenisnya. Keempat pendidikan ini saling ketergantungan dan berperan penting dalam membentuk kepribadian sang anak.

Setidaknya ada beberapa faktor penting dalam membangun kepribadian anak. Pertama, di sekolah sang anak harus mendapatkan pengajaran yang baik dari guru. Untuk memperoleh hasil pendidikan yang baik sang pendidik dituntut memiliki ketulusan dan kelurusan niatnya. Begitu pula dengan sang buah hati, orang tua dan pendidik harus sama-sama memiliki ketulusan niat mencari ridha Allah SWT.

Kedua, dalam masa pembentukan karakter anak diperlukan adanya contoh atau suri tauladan yang baik dari orang tua. Jika kedua orang tua memiliki kepribadian saleh, maka anak pun akan ikut baik. Apabila seorang anak dapat menghafal Alquran hingga 30 juz, maka bisa dilihat siapa orang tuanya. Pelajari, apa yang mereka tanamkan kepada anak agar cinta pada Alquran.

Ketiga, kedua orang tua harus berusaha memperbaiki niat karena Allah dan tulus untuk dapat menghasilkan anak semakin baik. Diempat pendidikan di atas harus menjadi pijakan yang baik dalam mencetak anak menjadi baik. Dalam keluarga terutama kedua orang tua harus menciptakan keluarga yang baik dan memilihkan sekolah terbaik untuk anak-anaknya.

Rasulullah saw bersabda, “Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, perhatikan siapa yang dia jadikan teman.” (HR Abu Daud)

Keempat, pengawasan yang dilakukan orang tua kepada anak harus intensif. Setelah mendapat sekolah yang baik dan dibina dengan ketulusan belum dikatakan cukup, tetapi harus diawasi perkembangannya. Berbagai pengaruh buruk bisa saja datang menghampirinya. Meskipun anak-anak mondok di pondok pesantren harus tetap disambangi, apalagi di sekolah. Kewajiban orang tua menjaga diri anak dari banyaknya kejelekan termasuk kenakalan remaja yang sering kali terjadi.

Kelima, anak-anak perlu diberi motivasi dan apresiasi agar tumbuh semangat dan kuat. Dan jangan lupa terus diberi kasih sayang yang menyenangkan hati dan pikirannya.

Orang tua akan menikmati akhlakul karimah yang dipancarkan sang anak apabila di empat sekolah diatas dapat berjalan baik dan lancar. Semoga Allah SWT menjadikan anak kita saleh dan dapat berbakti kepada kedua orang tua. Aamiin. [Mkn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *