LDII Gulon: Pencegahan Penyebaran Virus Corona Bukan Tanggung Jawab Pemerintah Semata

LDII Gulon: Pencegahan Penyebaran Virus Corona Bukan Tanggung Jawab Pemerintah Semata

- in Nasional
97
0

MAGELANG – Pimpinan Anak cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Gulon, Salam bersama pemuda melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa masjid dan sarana ibadah. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Langkah awal yang dilakukan adalah menggulung karpet, mengepel lantai, dan menyemprotkan cairan disinfektan di lantai, dinding masjid, kamar mandi, kamar guru dan dapur masjid.

Virus Corona
Kegiatan diawali dengan menggulung karpet masjid

Kegiatan dilakukan di Masjid Baitul Atik, Dusun Jlegong dan Masjid Shafa Marwa, Dusun Nabin, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang pada Jumat (27/3/2020).

Di minggu sebelumnya, pada hari yang sama, (20/3/2020) juga sudah dilakukan kegiatan semacam ini. Rencananya PAC LDII Gulon bersama pemuda akan melakukan kegiatan ini secara rutin setiap minggunya.

H Salamun SH selaku pengurus Takmir Masjid Shafa Marwa mengatakan, kegiatan bersih-bersih dan penyemprotan ini dilakukan agar masjid atau tempat ibadah tetap bersih dan nyaman ketika digunakan untuk beribadah.

Virus CoronaPenyemprotan cairan disinfektan di masjid

“Penanganan dan pencegahan virus corona ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tetapi perlu peran dari masyarakat, salah satunya dengan memulai hidup bersih dan menjaga kesehatan diri sendiri. Caranya dengan rajin membersihkan tempat tinggal dan tempat ibadah, rutin berolahraga, dan rajin mencuci tangan. Selain itu kita juga harus mengikuti arahan pemerintah desa sampai pemerintah pusat,” ungkapnya.

Dengan masjid yang bersih, masyarakat akan lebih tenang ketika melakukan ibadah dan semoga terhindar dari virus corona. Sehingga masyarakat tetap diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan aktivitas rutin.

Wabah Virus Corona

Saat ini Indonesia bahkan hampir seluruh negara di dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus baru, yaitu virus covid-19 atau yang sering kita sebut virus corona.

Virus corona bisa menjangkit siapa saja bahkan tidak mengenal pangkat dan usia. Orang yang terjangkit virus ini akan mengalami gejala seperti demam, batuk, sesak nafas, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Penyebaran virus corona ini terbilang sangat cepat dan mulai menyerang di berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah senantiasa memberi arahan kepada masyarakat agar meminimalisir penyebaran virus corona. Hal yang mudah dilakukan adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih seperti yang telah dilakukan PAC LDII Gulon.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *