LDII Aceh Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Santri (SIS)

LDII Aceh Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Santri (SIS)

- in Kegiatan LDII
450
0

Banda Aceh- Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Aceh mengadakan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Santri (SIS) dalam rangka tindak lanjut atas peluncuran aplikasi SIS pada Minggu, (19/3/2017) lalu, dan pelatihan untuk admin sebagai pengelola aplikasi. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Serba Guna, Jalan Prada Utama, Desa Lamgugob, Banda Aceh, Sabtu, (20/5/2017).

Ketua DPW LDII Aceh, H. Heru DS, SE melalui Sekretaris DPW LDII Aceh, Marzuki, M.Ag mengatakan, kegiatan ini untuk mensosialisasikan sekaligus memberi pelatihan kepada para admin yang ada di setiap kelompok belajar mengajar (KBM) agar dapat mengoperasikan aplikasi Sistem Informasi Santri (SIS) dengan benar sesuai petunjuk yang diberikan oleh Super Admin.

“Kalo hari ini kegiatannya sosialisasi dan pelatihan untuk admin KBM sebagai utusan yang datang dari tempatnya masing-masing ke Banda Aceh, untuk diberi pelatihan tentang cara pengoperasian aplikasi SIS,” kata Marzuki di Banda Aceh, Sabtu, (20/5/2017).


Kegiatan ini, menurutnya, sangat penting dilakukan agar pengelola aplikasi dapat memahami tentang cara pengoperasian aplikasi SIS sehingga bisa mahir dalam penginputan data santri secara online.

“Saya rasa penting (dilaksanakan), kalau pengelola aplikasi sudah paham, maka mereka akan mahir dalam mengoperasikan aplikasi dan pekerjaan mereka pun menjadi mudah, seperti menginput data santri secara online dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Ridho Hamdiki, SE, pemateri dalam acara pelatihan tersebut mengatakan, keakuratan data kerap kali menjadi masalah yang tak kunjung terselesaikan. Padahal, menurutnya, saat ini kecanggihan teknologi sudah sangat membantu memudahkan dalam segala hal khususnya keadministrasian. Peluncuran aplikasi SIS ini termasuk dari perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan.


“Masalah data terkait jumlah santri sering menjadi masalah, ketika ditanya berapa jumlah santri, tidak bisa jawab dengan data yang akurat, jadi, dengan adanya perkembangan teknologi informasi termasuk peluncuran aplikasi SIS ini, sangat-sangat membantu dalam hal tertib administrasi,” kata Ridho

Seperti dalam berita sebelumnya, Sistem Informasi Santri (SIS) adalah aplikasi administrasi yang dilengkapi dengan fitur input data dan monitoring prestasi dan keaktifan santri, aplikasi ini berbasis website online yang dapat dioperasikan di komputer, laptop dan Smartphone. Sehingga dapat memudahkan dalam penginputan data kapan pun dan dimana pun.

Aplikasi ini juga kedepannya akan dikembangkan untuk pengisian raport santri secara online dan hasilnya bisa diprint atau diexport menjadi file excell dan pdf. [mkn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *