Laporkan Berita Hoax dan Cara Aman Menggunakan Medsos

Laporkan Berita Hoax dan Cara Aman Menggunakan Medsos

- in Teknologi
780
0
Ilustrasi Stop Hoax

LdiiAceh.org – Banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi dan menimimalisir penyebaran konten hoax.  Masyarakat juga telah diinformasikan terkait hukuman bagi mereka yang melakukan ujaran kebencian melalui UU ITE.

Bagi masyarakat yang gerah dengan kondisi medsos yang sebagian besar kontennya bermuatan hoax bisa melaporkan konten tersebut. Apabila menemui konten hoax, postingan SARA dan radikalisme serta terorisme.

Pelaporan dapat dilakukan dengan cara screen capture ditambah dengan url link, kemudian mengirimkan ke alamat email aduankonten@mail.kominfo.go.id. Setiap aduan yang masuk ke dalam database akan diverifikasi dan segera diproses.

Kepada seluruh masyarakat diharapkan dapat ikut andil memberantas konten-konten hoax yang beredar di media internet. Dan membantu pemerintah dalam menciptakan media internet yang sehat dan bersih. Jangan takut akan adanya intimidasi dan tekanan dari pihak lain yang merasa keberatan atas laporan anda, karena kerahasiaan pelapor dijamin. Laporan aduan dapat dilihat di halaman web trustpositif.kominfo.go.id.

Menurut laporan database Trust+Positif hingga 2016 telah memblokir konten negatif sebesar 773.339. Masyarat juga diharapkan dapat teliti terkait konten yang tergolong konten negatif diantaranya, pornografi, SARA, penipuan atau perdagangan ilegal, narkoba, perjudian dan radikalisme.

Selain itu, masyarakat agar bijak menggunakan media sosial. Selain dapat membuat orang lain nyaman, diri kita sendiri terhindar dari sanksi pidana sebagaimana yang telah diatur dalam UU ITE.

Ada beberapa langkah bijak yang perlu dilakukan oleh pengguna medsos, pertama, bila mendapatkan konten yang sekiranya negatif, sebaiknya tidak disebarkan begitu saja melainkan dibaca, diteliti dan dicek terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjebak dalam informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Kedua, menulis, chat dengan teman, dan berinteraksi di media sosial dengan baik. Tidak menulis kata-kata tidak pantas yang dapat memicu kemarahan orang lain. Dan ketiga, tidak mencemarkan nama baik orang lain.

Penggunaan medsos secara bijak dapat membuat pengguna lebih nyaman dalam melakukan interaksi di media sosial. [Mukmin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *