DPW LDII Jateng Gelar Pelatihan Jurnalistik

DPW LDII Jateng Gelar Pelatihan Jurnalistik

- in Nasional
50
0

Wonosobo (16/7) – Hendaknya setelah mengikuti workshop ini, peserta bisa mengemas kegiatan LDII dalam bentuk berita yang menarik sehingga kegiatan-kegiatan LDII Jawa Tengah khususnya bisa diketahui oleh khalayak luas. Di era post truth atau paska kebenaran saat ini sangat diperlukan sekali literasi green media yang menyejukkan bagi masyarakat Indonesia saat ini. Maka untuk menghadapi tantangan ini maka para pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Jawa Tengah khususnya di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kabupaten dan kota perlu meningkatkan kompetensi untuk memproduksi berita-berita menyejukkan) di era post truth (pasca kebenaran) tersebut.

Hal itu ditegaskan Ketua DPW LDII Jawa Tengah Prof.Singgih Tri Sulistiyono,MHum saat membuka dan memberikan arahan pada peserta Pelatihan Jurnalistik yang diadakan DPW LDII Jawa Tengah. Acara tersebut dipusatkan di Gedung Serba Guna Ponpes Al-Akbar Sijambu, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, 11/07.

Lebih lanjut Prof.Singgih menekankan kemampuan menulis yang baik yang memenuhi kaidah junalistik sangat dibutuhkan di era post truth (pasca kebenaran) saat ini dimana kebenaran berita tidak serta merta ditentukan oleh adanya fakta-fakta obyektif, tetapi bisa juga ditentukan oleh kekuatan pemberitaan oleh media-media mainstream.Pengurus LDII dalam membuat berita-berita yang baik dan berimbang mengenai kebaikan-kebaikan Islam dan LDII kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan media infomasi yang dimiliki.Berita-berita positif yang diunggah di media-media LDII diharapkan mampu meningkatkan citra baik LDII di mata masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Biro Komunikasi Informasi Media, Muhammad Sobirin,SE menambahkan terkait dinamika internal pengurus DPD LDII mempunyai kewajiban setiap bulannya untuk menyampaikan laporan kegiatan organisasi kepada pengurus DPW, untuk dihimpun dan selanjutnya dilaporkan ke pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Hal ini menurutnya, membutuhkan kemampuan menulis yang baik.

Kegiatan diikuti oleh 11 DPD Kabupaten/Kota se-eks Karesidenan Bayumas dan Kedu, dan kegiatan tersebut merupakan rangkaian pelatihan jurnalistik dari DPW LDII Jawa Tengah yang sudah digelar secara berkelanjutan.

Dalam acara itu sendiri, menghadirkan pemateri yakni anggota Biro KIM DPW LDII Jateng yang juga Redaktur Tribun Jateng Catur Waskito, S.S. yang mengupas lebih jauh tentang perkembangan media sosial saat ini. Sementara wartawan senior Suara Merdeka Trias Purwadi,SSos membekali peserta tentang menulis berita dan press release.

Sedangkan pemateri lain M.Lutfi,A.Md memberikan materi membuat dan mengelola website berita sendiri yang bertujuan untuk mengelola informasi maupun menjadi pelaku penyebaran informasi guna mendorong perkembangan informasi di setiap daerah. [catur waskito edy/ erka/ fachrizal wicaksono]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *