Berteman Karena Allah

Berteman Karena Allah

- in Nasehat Agama
1244
0

LdiiAceh.org- Berganti-ganti sahabat yang mampir dalam kehidupan kita. Dan itu hal yang biasa. Ada yang datang hanya untuk nostalgia saat kebersamaan dulu, ada yang datang karena kepentingan bisnis, dan bahkan tidak jarang yang datang untuk membicarakan masalah politik. Selain itu, ada juga yang datang karena memiliki kesamaan dalam suka sesuatu, seperti suka adventure, naik motor gede, main bola dan lain sebagainya.

Ada yang menarik, ternyata banyak di antara kita dipersahabatkannya hanya karena kesamaan cinta. Memiliki kesamaan cinta dan ingin dicintai karena Allah. Mereka saling bertemu dalam satu majelis ilmu untuk kepentingan yang sama yakni mendapat rahmat dan pahala Allah SWT. Persahabat seperti ini adalah persahabat yang tidak semata ternikmati ketika sama-sama hidup di dunia, melainkan hingga akhirat.

Silih berganti datang sahabat-sahabat kita jika motifnya karena terikat oleh kecintaan kepada Allah maka inilah yang dinamakan persahabat yang hakiki; persahabatan karena dilandasi iman dan takwa kepada-Nya. Inilah yang dimaksud berteman dengan diniati karena Allah.

Subhannallah, sungguh indah rasanya dan betapa beruntung kita bila jabat tangan dan memeluk dalam persahabatan ini selalu diniatkan karena Allah. Bahkan, persahabatan ini akan membawa keuntungan hingga akhirat, misal karena satu hal sehingga kita terjerumus dalam kesalahan kemanusiaan kita, lalu kita masuk ke dalam neraka, maka sahabat kita dulu di dunia akan memintakan syafaat kepada Allah untuk bisa menyelamatkannya.

Dalam sebuah hadist Ibnu Mubarak dijelaskan, “Ketika ahli surga telah masuk ke dalam surga, lalu mereka tidak melihat teman-teman mereka yang selalu bersama dahulu waktu di dunia, maka mereka pun sama bertanya kepada Allah, “Ya Allah, kami tidak menemukan sahabat-sahabat kami. Dimasa dunia dulu kami selalu bersama-sama melaksanakan ibadah shalat, puasa dan berjuang bersama di jalan-Mu. Dan Allah pun berfirman, “Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabatmua yang di hatinya ada iman walaupun sekecil zarrah.” (HR Ibnu Mubarak).

Sekedar berpikir sejenak, siapa diantara sahabat yang sekiranya dia memiliki kesamaan yang sama dalam mencari dan mengajak bersama-sama ke surga? Jika kita telah menemukannya, pegang terus persahabatan itu. Insya Allah kelak akan menjadi manfaat hingga menuju Akhirat. [Mukmin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *