Belajar Efektif dan Menyenangkan

Belajar Efektif dan Menyenangkan

- in Uncategorized
404
0
Ilustrasi belajar.

Masa ujian adalah masa sibuk untuk belajar dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran. Lebih dari itu, masa ujian juga dapat membuat anda stres tingkat tinggi dari biasanya. Stres menjadi sesuatu yang positif sehingga membuat anda tetap termotivasi dan fokus. Asalkan jangan terlalu banyak stres yang dapat membuat anda merasa tertekan, cemas dan bingung serta membuat tenaga habis terkuras.

Menghadapi ujian atau selama waktu ujian hal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu tetap mencoba dan menjaga semua tetap terkontrol dengan baik. Hilangkan kegelisahan dan kecemasan yang ada pada pikiran dan hati anda. Fokuskan pikiran dan konsentrasilah agar semuanya dapat diatasi.

Pada artikel ini penulis akan sedikit berbagai tips sederhana tentang bagaimana cara belajar efektif dan menyenangkan. Beirkut ini ulasannya :

1. Tempat belajar
Belajar adalah aktivitas dimana setiap orang membutuhkan konsentrasi penuh terhadap apa yang sedang dipelajarinya. Oleh karena itu, faktor tempat yang nyaman dan bersih untuk digunakan sebagai tempat belajar adalah hal yang terpenting. Seperti belajar di tempat yang terang, tenang dan bersih. Buku tersusun dengan rapi tidak berserakan.

2. Buat list yang harus dituntaskan
Buatlah catatan list atau daftar apa saja yang harus dikerjakan di setiap sesi belajar. Mengelola tugas dengan baik akan membuat kualitas belajar anda akan lebih baik juga. Kemudian cek list tugas yang sudah dikerjakan.

3. Belajar bersama
Belajar secara bersama-sama akan mempermudah proses belajar anda, seperti belajar bersama teman sekelas. Belajar bersama tidak hanya menyenangkan tetapi kualitas belajar akan berbobot. Dan membuat anda bisa fokus dan termovitasi dengan pencapaian prestasi teman belajar anda.

4. Bertanya bila tidak tahu
Bertanyalah kepada guru dan tutor tentang pelajaran yang belum anda ketahui ilmunya. Jangan gengsi untuk bertanya, karena bertanya termasuk salah satu proses membuat diri menjadi lebih pintar.

5. Kenali gaya belajar sendiri
Gaya belajar yang dimiliki setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang gaya belajarnya hanya mendengarkan, melihat dan mengalaminya secara langsung dan lain sebagainya. Lalu anda termasuk tipe yang mana?. Kenalilah gaya belajar anda sendiri dimana hal ini akan membuat belajar anda lebih baik dan efektif.

6. Ambil waktu yang tepat
Cari waktu yang pas untuk belajar, bisa disore hari, malam hari atau sebelum pergi ke sekolah. Namun jangan lupa untuk beristirahat. Jangan terlalu lama belajar yang akan membuat anda stres. Bila sekiranya tubuh anda lelah, capek dan sudah tidak konsentrasi lagi, usahakan untuk beristirahat sejenak. Waktu 1 jam adalah waktu yang efektif untuk belajar, waktu ini tidak mengikat, tergantung dengan kemampuan yang dimiliki orang tersebut.

Proses belajar merupakan perjalanan menuju pengetahuan tentang segala hal. Untuk mencapai pengetahuan tersebut diperlukan adanya proses yang baik dan benar. Termasuk 6 cara diatas yang dapat membuat belajar anda lebih efektif dan menyenangkan sehingga pengetahuan terkait dengan apa yang dipelajari bisa anda dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. (Mkn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *