5 Manfaat yang Dihasilkan Kunyit

5 Manfaat yang Dihasilkan Kunyit

- in Kesehatan
469
0
Kunyit.

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah yang dihasilkan langsung dari bumi Indonesia. Selain itu ternyata rempah-rempah itu juga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Dari sekian banyaknya rempah-rempah yang ada, ada satu yaitu kunyit yang khasiat dan manfaatnya sering digunakan banyak orang untuk kesehatan.

Kunyit merupakan rempah-rempah yang lazim digunakan untuk memberikan warna alami pada makanan menjadi kuning. Dan ternyata kunyit ini tidak hanya dapat digunakan untuk pewarna alami makanan tetapi dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang ada pada tubuh manusia.

Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tentang 6 manfaat kunyit bagi kesehatan. Berikut ini ulasannya :

1. Meredakan sakit perut
Rasa mulas pada perut dapat hilang dengan mengkonsumsi kunyit. Ini memang terbukti bahwa suplemen dari kunyit lebih efektif untuk mengatasi perut mulas dan gangguan pencernaan lainnya. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara melembutkan kunyit tersebut, simpan dalam gelas, lalu tuangkan air hangat, aduk hingga merata, kemudian langsung saja diminum. Agar rasanya lebih sedikit enak mungkin bisa ditambah dengan sedikit madu.

2. Mencegah penyakit jantung
Kunyit mengandung kurkumin. Zat kurkumin ini termasuk nilai manfaatnya kunyit bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian bahwa kandungan kurkumin pada kunyit terbukti mampu mencegah serangan jantung. Karena kurkumin itu sendiri merupakan antioksidan yang dapat meminimalisir penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit diabetes
Selain kandungan kurkumin bermanfaat untuk penyakit jantung, zat ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Berdasarkan hasil penelitian terhadap beberapa orang pasien penderita diabetes, dengan mengkonsumsi kapsul kurkumin ini ternyata hanya 16 persen didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

4. Mencegah penyakit kanker
Khasiat kunyit juga dapat mencegah penyakit kanker. Karena zat kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker. Juga dapat mencegah penyebaran sel kanker.

5. Menghilangkan nyeri sendi
Melalui penelitian ternyata kunyit dapat menghilangkan nyeri sendi. Peneliti juga menemukan bahwa suplemen dari kunyit sama dengan ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi bagi penderita osteoarthritis lutut.

Itulah 5 manfaat kunyit yang dapat mencegah dan mengobati penyakit seperti tersebut diatas. Meski demikian, bagi anda yang ingin mengkonsumsi suplemen dari kunyit ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *