Sabar Menghadapi Cobaan dari Allah

Sabar Menghadapi Cobaan dari Allah

- in Nasehat Agama
881
0

Seringkali ketika kita hendak mewujudkan kebahagiaan dalam hidup ini, kerapkali kita dihadapkan dengan berbagai macam cobaan, rintangan dan tantangan. Sering juga kita meragukan terhadap kemampuan diri dalam memperoleh kebahagiaan tersebut, maka sebaiknya kita harus merenungkan berbagai cobaan, kekurangan dan rintangan yang dihadapi orang lain.

gambar www. edunews.id

Bukankah semua ini, kekurangan, rintangan dan cobaan adalah anugerah tersendiri?. Maka jika kita memandangnya demikian dan menggunakannya sebagai motivasi agar kita melakukan segalanya dengan lebih baik dan lebih ikhlas.

Sebagai contoh, nabi Musa AS diutus oleh Allah SWT untuk menyelamatkan moral bangsa Israel dari kekejamannya Firaun dan bala tentaranya. Kemudian contoh lagi Nabi Isa yang diutus oleh untuk memperbaiki moral Bani Israil. Dan Nabi Muhammad lahir dan diutus oleh Allah SWT di dunia pada zaman kebodohan (jahiliyah).

Dan tentu sederetan rintangan dan hambatan yang dihadapi manusia akan terus datang silih berganti selama kehidupan anak manusia terus berlangsung. Dalam bentuk apapun dan dari manapun rintangan akan terus kita hadapi. Dan setiap orang yang ingin meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat pasti akan menghadapi ujian, rintangan, tantangan dan hambatan.

Sebagaimana Allah Swt berfirman, “Apakah kamu menyangka bahwa kamu akan dimasukkan ke dalam surga, padahal belum datang kepada cobaan semisal yang dialami orang-orang terdahulu sebalum kamu? Mereka ditimpa segala macam malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncang sehingga Rasul dan orang-orang iman berkata, kapan datang pertolongan Allah?. Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat.”(Albaqarah:214)

Karena itu, penting bagi kita mewujudkan kesabaran dalam menghadapi berbagai macam rintangan dan cobaan. Karena orang-orang yang sabarlah yang akan mendapat kebahagian dunia dan akhirat. Sebagaimana Allah Swt berfirman, “Dan niscaya sungguh Aku (Allah) akan mencoba kalian dari berbagai hal, dari rasa takut, rasa lapar, kekurangan makanan, diri dan harta, wahai Muhammad saw berilah kabar gembira pada orang-orang yang sabar.” (Albaqarah: 155).

Maka usaha dan upaya harus terus-menerus kita lakukan agar selalu bisa bersabar dalam menghadapi berbagai hambatan, sehingga pada akhirnya kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Mulailah wujudkan kesabaran ini dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Semoga nasehat ini bermanfaat untuk anda. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *