Perlu Pertimbangan Orang Tua Soal Smartphone

Perlu Pertimbangan Orang Tua Soal Smartphone

- in Pendidikan Islam
195
0
Ilustrasi Smartphone.
Mau tak mau anda akan tergerus arus globalisasi yang memiliki kemajuan cepat setiap saatnya. Bila anda tidak mau mengikuti perkembangan modern yang terjadi di sekeliling anda, maka lambat laun akan tergilas oleh roda perkembangan modern tersebut. Begitu juga dengan dunia pendidikan saat ini.

Dunia pendidikan erat kaitannya dengan perkembangan zaman karena asal muasal pesatnya perkembangan teknologi yang saat ini adalah dengan adanya pendidikan. Teknologi diberbagai aspek yang diciptakan oleh ahlinya bertujuan untuk memudahkan dalam hal apa saja diantaranya dari segi inforamasi. Oleh karena itu, pendidikan juga harus ikut terjun masuk ke dalam perkembangan teknologi tersebut.

Lebih spesifikasi lagi dalam hal penggunaan teknologi seperti tablet PC yang saat ini dihanya digunakan oleh orang dewasa saja. Melainkan anak siswa sekolah pun sekarang ini telah menggunakan alat multi fungsi tersebut. Tentu banyak alasan mengapa mereka menggunakan alat komunikasi tablet pc tersebut. Salah satu alasan penggunaan tablet PC bagi siswa sekolah adalah bisa membaca buku pelajaran berbentuk e-book dan bisa menggunakan jaringan internet untuk keperluan mencari informasi. Tentu keberadaan Tablet PC ini sangat memudahkan bagi siswa dalam mencari berbagi keperluan yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah. Namun, meski demikian, bagi para orang tua harus mempertimbangkan secara matang tablet jenis apa yang cocok untuk membantu anak belajar. Berikut di bawah ini hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan orang tua saat akan memberikan tablet PC untuk anaknya.

1. Tujuan
Tujuan memberikan Tablet pada anak haruslah jelas. Bila tujuan tersebut benar dan tepat untuk digunakan sebagai media belajar anak sebaiknya berikan saja tetapi dengan membuat persyaratan tertentu. Tetapi ketika anak meminta tablet PC hanya digunakan untuk bermain game atau sesuatu yang tidak bermanfaat sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu.

2. Harga yang terjangkau
Apabila anda memutuskan untuk membelikan Table PC pada anak maka sesuaikan dengan dana yang anda miliki. Carilah Tablet PC yang sesuai dengan keperluan anak dalam belajar.

3. Kualitas bagus
Tablet PC yang memiliki kualitas bagus sering kali dikaitkan dengan harga yang mahal, padahal tidak demikian. Kualitas disini tidak selalu diartikan mewah dan canggih. Tetapi dilihat dari sisi keawetannya atau tahan lamanya. Di pasaran ada beberapa merk tablet pc dengan harga terjangkau dan awet tidak gampang rusak. Untuk itu, sangat disarankan dalam memilih Tablet PC untuk anak dengan mempertimbangan hal tersebut diatas.

4. Install Aplikasi
Dalam hal program atau aplikasi yang akan dipasang di tablet pc, pasanglah aplikasi yang bermanfaat seperti aplikasi edukasi dan aplikasi informatif yang bermanfaat bagi anak. Sebaliknya hapus saja aplikasi yang tidak berguna, karena keberadaannya akan membuat memori penyimpanan tablet akan cepat penuh.

5. Perawatan
Dalam hal perawatan, tidak khusus pada Tablet PC saja, melainkan berlaku untuk semua barang. Orang tua harus mempertimbangkan secara matang. Kira-kisa bisa tidak anak anda menjaga dan merawat barang pemberian orang tuanya. Bila sekiranya anak anda dianggap mampu merawat dan menjaga barang miliknya maka boleh saja anda memenuhi permintaanya.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan orang tua dalam memberikan sesuatu kepada anaknya. Dengan mempratekkan hal tersebut diatas mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran baik bagi anak. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *