Manfaat, Keburukan dan yang Perlu Disadari dari Media Sosial

Manfaat, Keburukan dan yang Perlu Disadari dari Media Sosial

- in Teknologi
339
0
Gambar dari telegram.co.id

Media sosial dizaman sekarang ini seakan menjadi hal penting yang terus menerus dikunjungi banyak orang dalam setiap kesempatan. Apa sebetulnya media sosial itu? Jika diartikan media sosial adalah sebuah media atau tempat (di internet) untuk melakukan aktivitas bersosialisasi, berbaur dan bergabung dengan orang lain.

Ketenaran media sosial sejak dimulai oleh perusahaan raksasa besar Facebook dan Twitter, hingga saat ini sudah familiar di telinga para pengguna internet. Hal ini kemudian membuat media sosial dan internet tidak terpisahkan.

Tidak heran kiranya di era saat ini apabila ada anak usia dini jika mendengar kata media sosial maka pikiran anak tersebut akan tertuju pada internet, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, media sosial sebenarnya sudah ada sejak lama seperti halnya KasKus, kemudian muncul lagi situs pertemanan Friendster dan kala itu sedang naik daun. Wabah media sosial semakin lama semakin menjadi ketika Facebook mulai muncul meramaikan dunia maya dan banyak netizen beramai-ramai menggunakan Facebook.

Sepertinya Facebook menjadi wajib hukumnya untuk dikunjungi manakala seseorang menjelajahi dunia internet. Dari berbagai kalangan baik muda maupun tua dan dengan latar belakang yang beragam sibuk dengan aktivitas di Facebook. Apalagi sekarang ini dengan kecanggihan teknologi smartphone sehingga menjadi semakin mudah untuk berkelana di dunia maya.

Dari segi manfaat yang dimiliki media sosial tentu sangat banyak sekali. Diantaranya penyampaian infomasi dapat disampaikan dan tersebar dengan cepat. Bisa juga dimanfaatkan untuk mengenalkan personal brand bussiness brand yang dimiliki kepada orang lain.

Dari sekian banyak keuntungan dan manfaat yang dimiliki media sosial tentunya tidak adil jika hanya berbicara hal itu saja. Media sosial juga memiliki efek samping yang bisa merugikan. Saling menghina, menghujat, ujaran kebencian saat ini mewarnai media sosial.

Oleh karena itu bagi masyarakat yang sudah terlanjur mengenal media sosial harap berhati-hati dan waspada terhadap berbagai kemungkinan buruk terjadi di media sosial. Membuat status yang tidak mengandung ujaran kebencian kepada orang lain dan tidak mudah menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Jadilah netizen yang bijak dalam media sosial. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *