Kenali Modus Penipuan dan Laporkan Jika Terima SMS Seperti Ini

Kenali Modus Penipuan dan Laporkan Jika Terima SMS Seperti Ini

- in Teknologi
216
0

Penipuan dengan memanfaatkan internet memang sudah bukan lagi hal yang biasa. Berbagi cara dilakukan untuk memuluskan niat jahat mereka dalam mengecoh para korbannya. Meski kepolisian telah menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penipuan, atau bahkan masyarakat telah banyak yang mengenali modus-modus penipuan tersebut, namun masih ada masyarakat yang menjadi korban.

Ilustrasi lapor ojk

Penipuan yang marak terjadi dan sering memakan korban adalah penipuan lewat ponsel baik itu menelpon ataupun sms. Biasanya mereka (pelaku) mengaku sebagai kerabat dekat yang sedang dalam kondisi kesulitan dan membutuhkan dana. Sambil akting menangis, mereka meminta korbannya untuk menstransfer sejumlah uang melalui mesin ATM ke nomor rekening milik pelaku.

Bagi anda pemilik ponsel pastilah sudah pernah menerima berbagai pesan berisi penipuan tersebut. Salah satu contoh penipuan yang sering masuk ke inbox ponsel kita adalah dalam bentuk layanan pesan singkat SMS.

Berbagai macam bentuk, mulai dari pemberitahuan bahwa anda mendapatkan hadiah yang tak diketahui darimana datangnya dan atas dasar apa mendapatkannya. Pemberian hadiah dapat dilakukan dengan syarat mengirimkan sejumlah uang kepada nomor rekening tertentu.

Oleh karena maraknya penipuan semacam tersebut diatas, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut andil mendukung dengan serius untuk memberantas penipuan semacam itu.

Saat ini anda jangan pernah takut melaporkan kepada OJK jika menerima SMS semacam itu. Lalu seperti apa bentuk SMS penipuan dengan modus arahan transfer tersebut?

Sebetulnya sangat mudah dikenali, misalnya seperti ini, “Kirim ke BRI aja ya, ini no rek: 7916-01-567777-899, an. Suswadi MS.”

Adapun cara melaporkannya dengan memotret layar (screen capture sms) tersebut, kemudian kirim ke alamat email OJK yang sudah ditentukan konsumen@ojk.go.id. Selain layanan email, pihak OJK juga melayani via layanan konsumen melalui nomor 1-500-655. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *