Kebaikan Sebagai Amalan Andalan

Kebaikan Sebagai Amalan Andalan

- in Nasehat Agama
801
0
Ilustrasi kebaikan.

Pahala dan manfaat kebaikan yang dikerjakan tidak hanya untuk pengamalnya, tapi juga untuk manusia dan alam ini. Sekecil apapun kebaikan pasti dibalas oleh Allah dan dapat mendatangkan manfaat yang besar bagi kehidupan. Sebagaimana dalam ayat Alquran Allah SWT berfirman yang artinya: “….. dan Allah tidak menyia-nyiakan keimanan yang kalian kerjakan (pasti dibalas pahala), sesungguhnya Allah maha belas kasih kepada manusia dan maha penyayang. (QS AlBaqarah:143).

Seperti kisah teladan yang cukup terkenal tentang tiga orang pemuda dalam satu perjalanan, mereka beristirahat di dalam sebuah gua. Secara tidak disangka, tiba-tiba pintu lubang gua tertutup oleh bebatuan besar. Mereka terjebak di dalam gua dan mencoba menyingkirkan batu-batu tersebut, namun tidak membuahkan hasil.

Dengan berbagai cara mereka lakukan untuk dapat keluar dari gua tersebut, namun tetap gagal. Mereka pun berdoa kepada Allah SWT agar Dia dapat melepaskan kesusahan yang mereka alami. Mereka berdoa kepada Allah SWT menggunakan amalan-amalan baik yang pernah mereka kerjakan, dimana masing-masing dari ketiga pemuda itu memiliki amalan rutin yang pernah dikerjakannya. Akhirnya ketiga pemuda tersebut memohon kepada Allah SWT.

Pemuda pertama berdoa, “Ya Allah, aku pernah berbuat kebaikan terhadap kedua orang tuaku. Suatu hari sepulang dari bekerja dan merasa sangat lapar. Aku mengira ibuku sudah memasak nasi untukku, namun ternyata ia belum memasak karena kehabisan beras. Kemudian aku keluar rumah untuk membeli beras. Saat aku kembali, ibuku sudah terlelap tidur. Aku segan untuk membangunkan ibuku walau sebenarnya aku sangat lapar. Aku sabar menunggu ibuku hingga ia bangun sendiri. Ya Allah, apabila ini merupakan amal baik yang pernah aku kerjakan, tolonglah kami agar bisa keluar dari gua ini”.

Pemuda kedua berdoa, “Ya Allah, aku juga memiliki amal baik, aku memiliki usaha dan memiliki karyawan banyak. Aku membayar gaji karyawanku sebelum keringat mereka kering (tepat waktu). Pada suatu hari ada seorang karyawan tidak datang mengambil gaji bulannya sehingga beberapa bulan lamanya.”

“Uang gajinya tersebut aku simpan dan aku gunakan untuk membeli barang-barang dagangan sebagai modal sehingga laku untung 10 kali lipat. Beberapa bulan selanjutnya, karyawan tersebut datang kembali. Lalu aku menyerahkan gajinya ditambah dengan keuntungan 10 kali lipat yang akan dapatkan”.

“Ya Allah, jika ini merupakan amal baik, tolonglah kami keluarkan dari segala kesusahan kami.” Dalam sebuah riwayat diceritakan, setelah kedua pemuda itu berdoa, tiba-tiba tutup pintu lubang gua tersebut bergerak sedikit.”

Akhirnya, giliran pemuda yang ketiga berdoa, “Ya Allah, aku pernah berbuat kebaikan yaitu menghidar dari perbuatan yang terkutuk. Aku ditugaskan ke suatu tempat untuk membagikan makanan kepada orang-orang miskin.”

“Saat aku bekerja, aku melihat gadis cantik yang meminta bagiannya kepada kepadaku. Setelah semua orang pulang, aku memanggil gadis itu untuk menyatakan niat jahatku kepadanya. Namun gadis itu menolak ajakanku dan menasihati aku.”

“Aku sadar bahwa niat aku ini salah, sehingga aku menyesal dan meminta ampun kepada-Mu. Ya Allah, jika sekiranya permintaan ampun ini Engkau terima, maka tolonglah kami, keluarkan dari gua ini.” Secara tiba-tiba pintu gua yang asalnya terbuka sedikit setelah panjatan doa pemuda yang ketiga, pintu gua tersebut terbuka lebar hingga mereka kelar dengan selamat.

Kisah masyhur diatas segelitir cerita tentang amalan kebaikan yang dapat dijadikan andalan saat kita dalam kesulitan. Dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan mengandalkan amalan baik yang pernah kita kerjakan, Insya Allah pasti Allah memberikan kemudahan atas kesulitan yang sedang kita alami.

Kebaikan-kebaikan lain seperti memungut kotoran sampah dijalan atau menyingkirkan duri dari jalan. Hal ini kesannya kecil, namun menurut Rasulullah saw kelakukan ini bagian dari iman, bahkan membuka pintu surga.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, “Seorang laki-laki lewat di suatu jalan dan melihat duri di tengah jalan, ia mengatakan, “Aku akan menyingkirkan dan membuang duri dari jalan sehingga para pejalan tidak terganggu. Maka Allah memasukannya ke dalam surga.”

Sekecil apapun kebaikan yang kita kerjakan pasti dibalas oleh Allah. Janganlah menganggap remeh sebuah kebaikan. Karena dari kebaikan yang dikerjakan, justru Allah akan memasukkan kita ke dalam surga. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *