Fitur Baru Facebook “Tenggelamkan” Berita Hoax

Fitur Baru Facebook “Tenggelamkan” Berita Hoax

- in Teknologi
247
0
Capture fitur terbaru Facebook menangkal berita Hoax.

LdiiAceh.org – Sangat banyak sekali berita palsu atau hoax yang beredar di jejaring sosial. Hal ini tidak hanya menjadi perhatian publik netizen melain juga menjadi perhatian serius kepala negara Indonesia Presiden Joko widodo.

Pemerintah melalui Kominfo beberapa waktu lalu telah meluncurkan pelaporan online terkait berita negatif, ujaran kebencian dan hoax. Masyarakat bisa kapan dan dimana saja melaporkan dengan mengakses situs trust yang dikelola Kominfo. Setelah beberapa bulan peluncuran website trust tersebut, pihak Kominfo mengklaim telah menerima puluhan ribu laporan terkait hal-hal yang negatif.

Selain itu pihak Facebook sendiri telah menunjukkan keseriusan dengan menghadirkan fitur algoritma penangkal hoax. Dalam membuat pembaruan tersebut, Facebook terlebih dahulu memilah berbagai Page yang sering membagikan kabar hoax, berita palsu atau yang sering menyembunyikan postingannya.

Tujuannya agar algoritma Facebook dapat mengenali pola atau ciri-ciri tertentu yang digunakan dalam pembuatan kabar hoax dalam akun Facebook Pages tersebut. Pola atau ciri khusus itu kemudian didata dan dijadikan bahan perbandingan dengan berbagai artikel yang disebarkan di News Feed.

Dilansir dari TechCrunch pada pertengah bulan Februari lalu, apabila artikel yang berada di News Feed tidak mengandung ciri-ciri berita palsu sebagaimana dipelajari algoritma tersebut, maka postingan artikel itu akan dipromosikan agar dapat dilihat banyak orang.

Namun sebaliknya, bila mengandung berita hoax, maka berita tersebut akan dibuat “tenggelam” jauh dari linimasa, sehingga tidak bisa dilihat orang dan disebarkan.

Dengan cara demikian, harapannya berita hoax yang bertebaran di di News Feed dapat diminimalisir dan tidak menjadi viral. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *