Cara Aman Belanja di Toko Online

Cara Aman Belanja di Toko Online

- in Teknologi
326
0

Pertumbuhan internet saat ini melaju pesat, penggunaannya pun tidak hanya digunakan untuk mencari informasi saja, tetapi juga untuk keperluan bisnis seperti toko online atau yang sering dikenal dengan nama e-commerce. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce terbesar dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen tiap tahunnya.

Gambar dari technokita. com

Di satu sisi e-commerce di Indonesia membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Namun di sisi lain masih ada masyarakat kita yang takut melakukan transaksi karena tingkat keamanan dari sistem yang digunakan untuk bertansaksi tidak bisa menjamin keamanannya.

Oleh karenanya agar kita tetap bisa berbelanja online tanpa khawatir adanya potensi penipuan saat anda bertransaksi, maka ada baiknya melakukan beberapa tips di bawah ini :

1. Pasang Anti Virus pada Perangkat
Gunakanlah software berupa anti virus pada perangkat yang akan anda gunakan untuk bertransaksi online. Tujuannya agar terhindar dari ancaman virus, spyware dan sejenisnya. Usahakan cari antivirus yang dapat mendeteksi dini terhadap ancaman bahaya virus yang menyusup pada perangkat anda.

2. Memilih website yang menggunakan keamanan Protokol Secure Sockets Layer (SSL)
Sangat disarankan untuk berbelanja di situs toko online yang menawarkan transaksi aman. Website toko online itu biasanya terdapat tanda pada nama domainnya yang diawali “https”. Maka bila toko online memiliki protokol https, dapat dipastikan bahwa situs itu telah menggunakan keamanan secure sockets layer (SSL).

3. Hati-hati terhadap phissing dan pharming
Hati-hati dengan link yang dikirim ke alamat email anda, bisa jadi itu phissing. Phissing adalah teknik penipuan online yang bertujuan untuk mencuri hal yang sensitif seperti nomor kartu kredit dan password.

Waspada juga dengan teknik penipuan menggunakan metode pharming yaitu halaman website palsu yang sengaja dibuat oleh pelaku mirip dengan halaman website toko online aslinya. Tujuannya sama agar pelaku mendapat informasi login berupa username dan password login.

4.  Toko Online yang sudah terkenal dan terpercaya
Sangat disarankan memilih berbelanja di toko online yang terkenal dan terpercaya.

5. Gunakan kartu Kredit
Ini yang harus diperhatikan. Gunakan kartu kredit, bukan kartu debit. Karena kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan, kiriman yang hilang dan barang yang rusak serta berbagai masalah lainnya. (Mkn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *